Ibu Hamil Makan Daging Kurban Saat Idul Adha, Dokter: Bagus Kok

Di momen Hari Raya Idul Adha masyarakat dimanjakan dengan pembagian daging kurban, baik daging sapi maupun daging kambing.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memang menyukai daging, tak terkecuali ibu hamil. Namun, apakah ibu hamil memang dianjurkan untuk mengonsumsi daging kambing atau sapi?

Terkait pertanyaan tersebut, Ketua Bidang Advokasi dan Legislasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Ari Kusuma Januarto mengatakan bahwa konsumsi daging bagi ibu hamil terbilang bagus.

“Daging, dari zaman kapan juga manusia itu makan daging, enggak apa-apa tuh, bagus kok,” ujar Ari dalam peringatan Hari Keluarga Nasional 2023 secara daring,

“Memang daging tuh bagus, cuman kadang-kadang kita kan mengonsumsi suatu makanan itu mungkin berlebihan, mungkin pengolahannya tidak tepat, mungkin dicampur-campur, itu yang enggak bagus,” tambahnya.

Sebaliknya, yang kurang bagus itu jangan-jangan ibu hamil yang tidak makan daging, kata dokter spesialis kandungan itu.

“Artinya, makanan itu semuanya pasti ada manfaatnya ada maknanya. Cuman yang jadi masalah, apakah itu merupakan kebutuhan untuk orang tersebut,” kata Ari.

Dia pun mencontohkan, pasien hipertensi tidak baik jika mengonsumsi makanan berkolesterol, tapi bagi masyarakat lain mungkin saja membutuhkan makanan semacam itu.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kecukupannya. Jika makanan dikonsumsi dengan jumlah yang cukup, maka akan ada manfaat yang didapat. Sebaliknya, jika berlebihan maka tidak akan baik untuk setiap orang termauk ibu hamil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *